Lima siswa SMA Santo Paulus Pontianak berhasil lolos seleksi belajar bersama Maestro yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Ke lima siswa tersebut adalah Icha untuk bidang seni suara Icha akan belajar bersama maestro Sundari Sukoco di Jakarta, kemudian Ari, Elga, Maici dan Renu untuk bidang seni musik bersama maestri Ismet di Bandung. Kegiatan tersebut di mulai tanggal 18 sampai dengan 29 Juli 2016, dan puncak belajar bersama maestro adalah pementasan hasil belajar di gedung Purnabudaya Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 2016.

Tujuan dari belajar bersama maestro ini adalah siswa belajar langsung dari sang maestro tentang keaneka ragaman seni dan budaya yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara, dengan ilmu yang mereka dapat walaupun singkat diharapkan para siswa mampu menjadi semakin mencintai, mengenal dan menjadi agen dan penerus budaya Nusantara.

Sekolah juga bukan hanya tempat menimba ilmu pengetahuan saja tetapi juga tempat untuk belajar berbagai hal termasuk di dalamnya adalah menghargai kreativitas seni dan nilai-nilai budaya Nusantara yang sangat kaya dengan keaneka ragaman yang adi luhung untuk terus di lestarikan.

Ari, Maici, Icha, Br. Vianney, Renu dan Elga berpose bersama setelah pementasan hasil belajar bersama maestro di gedung Purnabudaya UGM Yogyakarta.