Setelah melewati seleksi yang tidak mudah Calista Eleanor Randu Samagat akhirnya berhasil lolos sebagai penerima beasiswa untuk pertukaran pelajar pada Program Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (YES) bersama Yayasan Bina Antar Budaya untuk tahun program 2017-2018.

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat, yang bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat.

Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study telah dilaksanakan sejak tahun 2003, dan telah mengirim lebih dari 700 siswa Indonesia dan menerima 10 siswa dari Amerika Serikat (http://www.afsindonesia.org/en/pages/kl-yes-program.html)

Yayasan Bina Antarbudaya didirikan pada 2 mei 1985 oleh Taufiq Ismail, Tanri Abeng, Irid Agoes, Kartono Mohamad dan Sophie Gunawan Satari. Lahir bersamaan dengan Hari Pendidikan (Hardiknas) Republik Indonesia, Bina Antarbudaya senantiasa memposisikan dirinya sebagai organisasi berbasis pendidikan, yang terus mendukung terciptanya pemahaman global.

Bina Antarbudaya adalah organisasi non pemerintah, non profit, berbasiskan relawan dan merupakan mitra dari AFS Intercultural Program, yang berkomitmen untuk membangun dunia yang lebih baik melalui program pertukaran yang berlandaskan pemahaman antarbudaya. Tujuan dari didirikannya Bina Antarbudaya adalah untuk menyiapkan pemimpin masa depan yang memiliki kepekaan, pemahaman antarbudaya dan perhatian terhadap lingkungannya.

Lewat interaksi dengan orang-orang dari berbagai negara, peserta program pertukaran belajar untuk berbagi, berkomunikasi dan menghormati antara satu dengan yang lain, serta menghargai perbedaan. Di masa depan, kami berharap memiliki pemimpin-pemimpin yang menghargai perbedaan, kepekaan yang tinggi atas nilai-nilai perdamaian dan persahabatan, membangun hubungan yang positif dan kesepahaman satu sama lain, baik itu kelompok dan orang-orang dari negara lainya. (http://www.bina-antarbudaya.or.id/en/pages/tentang-bina-antarbudaya.html)

Untuk program tahun 2017-2018 Calista mendapat tempat di sekolah Marcellus High School Michiga United States of Amerika (USA). Semoga dengan mengikuti kegiatan ini Calista dapat menjadi duta pelajar yang mampu membagikan dan menyemangati generasi SMA Santo Paulus Pontianak untuk semakin berbicara, berprestasi dan berperan aktif dalam kegiatan lain yang berguna untuk masa depan di tingkat internasional.