OSIS merupakan organisasi independen terbesar yang ada di lingkungan sekolah yang menjadi naungan bagi organisasi-organisasi lainnya yang berdiri di bawah pengawasan OSIS. Maju mundurnya OSIS tergantung pada kinerja kepengurusan dan kualitas kepemimpinan dari para pengurus OSIS yang merupakan siswa-siswi pilihan yang telah lolos seleksi dan dianggap layak serta mampu untuk mengelola OSIS selama 1 (satu) tahun Masa Bhakti.

Pemilihan pengurus OSIS untuk setiap periode dilakukan melalui proses yang panjang dan dengan seleksi yang ketat untuk menghasilkan satu tim kerja yang solid dan dapat bertanggung jawab terhadap tugas yang diembannya. Salah satu tahapan pergantian pengurus OSIS adalah Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) yang didalamnya berisi tentang pendidikan dasar bagi seorang pemimipin agar dapat menjalankan organisasi dengan baik.

 

Dan dalam rangka membentuk kepribadian para siswa-siswi yang matang dalam memahami tentang kepemimpinan, oleh sebab itu kami dari pengurus OSIS mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan, yang dapat mengalihkan perhatian para siswa-siswi untuk tidak melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat bagi dirinya sendiri, sehingga kegiatan ini menjadi jawaban dari segala permasalahan para siswa-siswi di SMA Santo Paulus Pontianak

Kegiatan LKTD dilaksanakan pada tanggal 4 - 6 November bertempat di kompleks Santo Bonaventura, Kongregasi Bruder MTB, dengan tim narasumber dan tim pelatihan yang dikoordinir oleh Br. Timotius Tundang, MTB. Materi pelatihan antara lain, diskusi, presentasi, outbound dan di akhiri dengan Misa syukur perutusan OSIS/MPK Periode 2016/2017.